Pj Bupati PALI Segera Ajak Semua Pihak Terlibat PSU Teken Fakta Integritas


PALI. SININEWS.COM -- Penjabat (Pj) Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Rosidin Hasan segera mengumpulkan semua pihak yang terlibat pada proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang sengketa Pilkada PALI Senin (22/3/21) lalu.


Dimana diketahui, MK memutuskan untuk menggelar PSU di empat TPS yang dinilai MK telah terjadi pelanggaran Pilkada. 

"Langkah itu untuk memastikan PSU di dua kecamatan Kabupaten PALI berjalan lancar. Akan kita koordinasikan tahapan mulai yang paling bawah," ungkap Rosidin Hasan, Kamis (25/3/2021).

Pj Bupati PALI langsung memanggil, Kesbangpol, Camat serta kades yang ada PSU diwilayahnya. Kemudian bersama pihak KPU dan Bawaslu PALI memastikan terkait dengan jumlah mata pilih keseluruhan yang sudah by name by address (ada nama dan alamatnya).


"Kita nanti memastikan jangan ada hal-hal mencurigakan." ujarnya.


Selain itu, TNI/Polri, Kejari bersama Gakumdu serta ke dua Pasangan Calon dan Tim pendukung akan dikumpulkan agar duduk bersama menandatangani fakta integritas.


"Memastikan pelaksanaan pasti PSU. Karena Pemerintahan PALI harus tetap berjalan. Jadi jangan sampai ditunda terus," katanya.


Terkait pendanaan, pihaknya akan memanggil Inspektorat, Bappenda untuk melakukan kajian biaya. 

"Itu pasti butuh biaya. Kita tidak menyangka akan ada PSU. Jadi kita koordinasikan dulu terkait pendanaan berapakah Pemkab akan membantu. Namun KPU dan Bawaslu PALI punya anggaran masing-masing," ujarnya.


Sementara itu, Ketua KPU PALI, Sunario menuturkan bahwa terkait pelaksanaan pasti PSU, pihaknya masih berkomunikasi dengan KPU Provinsi Sumsel dan KPU RI.


"Kemudian pendanaan kita akan berkoordinasi dengan Pemda PALI. Untuk surat suara saat ini sudah dicetak, tinggal kelengkapan lain," terangnya. (sn/perry)
Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts