PEMDES TEMPIRAI GELAR PEMBEKALAN RELAWAN SDGs


PALI,  Sininews. Com -- Berdasarkan surat Edaran Kemendes PDTT Dirjend Pembangunan Desa kepada 
Kepala Daerah Gubernur/Bupati/Walikota dan Kepala Desa seluruh Indonesia, nomor 5/PR/03.01/III/2021 perihal Pemuktahiran Data IDM berbasis SDGs.

SDGs (Sustainable Developmen Goals) merupakan role pembangunan berkelanjutan yang masuk program perioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021, sebagaimana turunan dari Peraturan Presiden No. 59 tahun 2017 tentang tujuan Pencapaian Pembangunan Nasional berkelanjutan. 

SDGs Desa ini merupakan Program pembangunan bekelanjutan dan upaya Pemerintah mewujudkan Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan,  Pertumbuhan ekonomi yang merata,  Desa peduli Kesehatan, Desa Peduli didikan,  Desa berjajaring, Desa Ramah Perempuan dan Desa tanggap budaya. 

Untuk mengemplentasikan program tersebut,  Pemdes Tempirai Kecamatan Penukal utara kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).  Bergegas (6/5/2021) menggelar Sosialisasi dan pembekalan kepada Tim Pokja Relawan pendataan IDM berbasis SDGs.

Dalam sambutan Kepala Desa Tempirai Muhamad Jonot Syamsudin,
 meminta para Tim relawan pedataan dapat bekerja secara "door to door " ke rumah warga secara merata melihat langsung
Kondisi Masyarakat dan lakukan pendataan secara akurat dan tanggung jawab sehingga data tersebut dapat masuk data base secara valid sebab data ini merupakan tolak ukur perubahan kemajuan IDM Desa Tempirai kedepan.... .harapnya. 

Kegiatan Pembekalan ini dihadiri Camat Penukal Utara diwakili Kasie Pemdes Suparmin Jaoni,   Babinsa T. Mulyadi,  Ketua BPD,  Tim TP3MD Kabupaten PALI Adenan Agani, SP Irham, ST,   Nasiri, S. Sos sebagai Pendampingan dan sekaligus sebagai narasumber, PD/PLD ( Iwan/Dedy/Awek Bayumi) serta para perangkat Desa lainnya dan dilaksankan secara sederhana dengan mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19.

Dilanjutkan Kasie Pemdes Penukal Utara Suparmin Jaoni, menghimbau pada Tim Relawan Pokja (Kelompok Kerja) agar dapat bekerja sinergi dan selalu berkoordinasi antara satu dengan yang lainnya,  sebagaimana perlu diketahui juga bahwa Tim Pendataan SGDs terdiri dari Perangkat Desa ini mempunyai mitra kerja diantaranya,  Pendamping Desa,  Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sehingga terjalin sinerginitas dalam melaksanakan tugas pendataan secara harmonis....... Ungkapnya. 

Demikian Adenan Agani SP selaku Ketua Tim Pendampingan.. 
 dalam arahannya, mengapreasi atas gerak cepat Pemerintah Desa dalam pelaksanaan penyerapan kegiatan Dana Desa tahun 2021. Serta memberikan Juknis Pendataan " by name by Addrees " dan pengisian Kuesioner Aplikasi SDGs yang baik dan benar. 

Disamping itu Pendamping Desa (PD) wilayah Penukal utara Dedy Chandra dan Iwan setiawan dengan materi yang sama,  Menjelaskan Tujuan SDGs Desa secara rinci, pentingnya pendataan akurat  untuk menentukan tipe suatu Desa,  dan  berharap kepada Kepala Desa dan Perangkatnya bersama BPD juga Masyarakat,  

kiranya setelah mengisi Kuesioner Aplikasi SDGs ini tentunya diharapkan mendapat inspirasi untuk menciptakan Inovasi dari kekurangan dan kelebihan yang dimiliki Desa Tempirai sebagai acuan  menggali peluang potensi Desa yang akan melahirkan Usaha dan Pembangunan Desa berkelanjutan..... Pintanya. 

(Bungharto/SN)
Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts