Budi Hairu Minta Dinas Pertanian PALI Cari Solusi Pohon Karet Gugur Daun Tak Kenal Musim


PALI. SININEWS.COM -- Petani karet di Bumi Serepat Serasan saat ini tengah gundah lantaran harga getah tidak stabil karena setiap minggunya harga alami naik turun juga kondisi cuaca yang tidak menentu menyebabkan pohon karet milik petani alami gugur daun yang tidak kenal musim membuat produksi getah jauh menurun.


Tentu saja atas banyaknya keluhan petani karet, Budi Hairu, wakil ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyarankan Dinas Pertanian Kabupaten PALI agar turun ke lapangan mengecek dan mencari penyebab kondisi pohon karet yang alami gugur daun tidak kenal musim. 

"Kami minta penyuluh pertanian di lapangan agar lebih aktif lagi unuk memberi pemahaman kepada petani serta mencari penyebab terjadinya gugur daun terus menerus," pinta Budi Hairu, Senin (24/5/21).

Politisi Partai Demokrat itu juga menginginkan dinas pertanian memberi solusi agar tanaman karet petani bisa pulih kembali. 

"Kalau memang penyebabnya akibat penyakit, maka segeralah diberi obatnya, tapi kalau kurang pemupukan, maka berikan petani pupuk agar tanaman karet petani produksinya kembali normal," sarannya. 

Sementara itu Ahmad Jhoni, Plt kepala Dinas Pertanian kabupaten PALI mengaku pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan produksi getah petani dan penyuluh pertanian sudah digerakkan.

"Kami juga telah menyarankan petani agar selalu membersihkan lahan atau kebun karetnya. Sebab, dengan kebun karet dipenuhi gulma, maka sumber makanan tanaman terganggu dan menimbulkan banyak jamur akar putih karena kondisi tanah lembab, sehingga jamur akar putih menyerang tanaman," ujar Ahmad Jhoni. 

Disamping itu, Ahmad Jhoni menyebut bahwa petani karet di PALI jarang memberikan pupuk pada tanaman. 

"Sebenarnya pemerintah telah menyiapkan pupuk bersubsidi, namun petani di PALI sedikit sekali yang berminat untuk memberikan pupuk pada tanamannya. Untuk itu, selain penyuluh aktif, kami berharap petani kara juga rutin membersihkan kebunnya dan berikan pupuk secara berkala," harapnya. (sn/perry)
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts