Dinas PU PALI Siap Kawal Pembangunan Jalan PALI-Musirawas


PALI. SININEWS.COM -- Kedatangan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru pada Minggu (2/5/21) dalam rangka meresmikan infrastruktur yang telah dibangun di wilayah Bumi Serepat Serasan bersumber dari APBD provinsi, juga membawa kabar baik bagi warga Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) lantaran gubernur ingin menjadikan kabupaten PALI sebagai wilayah segitiga emas.


Salah satu langkah mewujudkan PALI sebagai daerah segitiga emas, gubernur akan membangun jalan penghubung antar kabupaten PALI-Musirawas yang disebut gubernur sebagai jalan alternatif dan bakal jadi saingan jalan tol Indralaya-Lubuklinggau.

Karena jalan lintas PALI-Musirawas disebut gubernur menjadi jalan poros terdekat menghubungkan warga Palembang menuju Musirawas maupun ke Lubuklinggau, yang dampaknya selain menjadi akses masyarakat yang lebih cepat juga dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan di propinsi sumatera selatan. 

Tentu saja dengan rencana gubernur itu, disambut warga PALI yang sejak lama mendambakan dibukanya akses jalan tersebut. Pasalnya, apabila terwujud PALI akan menjadi akses penghubung antar kabupaten bahkan antar provinsi yang tentunya akan menghidupkan ekonomi warga PALI. 

Bukan hanya masyarakat umum yang menyambut gembira rencana pembangunan jalan PALI-Musirawas, tapi juga pemerintah kabupaten PALI yang menyatakan siap mengawal proses pembangunan mega proyek tersebut agar cepat rampung. 


Salah satunya Dinas Pekerjaan Umum (PU) kabupaten PALI. "Alhamdulillah dengan rencana itu, kami akan siap mengawal. Panjang jalan yang akan dibangun di wilayah PALI menuju Musirawas sekitar 35 KM, dari Simpang Lima ke Simpang Medu Desa Semangus Kecamatan Talang Ubi," ungkap kepala dinas PU PALI Sephy Hendika, Senin (3/5/21). 

Diakuinya, dalam mempersiapkan rencana pembangunan jalan PALI-Musirawas yang akan dicor beton, pihak PU PALI sudah beberapa kali rapat koordinasi bersama Dinas PU Provinsi juga dinas kehutanan provinsi untuk pemetaan jalan, bahkan yang menentukan jalur diserahkan ke PU kabupaten PALI. 

"Untuk lahan tidak ada masalah, memang ada jalur yang melintasi hutan produksi tapi itu tidak jadi kendala karena telah berkoordinasi dengan dinas kehutanan provinsi. Tahun lalu ada beberapa titik telah dibangun bahkan sudah dilakukan pengaspalan, tepatnya  di Simpang Jambu Mente desa Semangus. Mudah-mudahan pembangunan jalan PALI-Musirawas cepat terealisasi," harapnya. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts