Api Ngamuk di Talang Ritam, Rumah Muhadan Rata Dengan Tanah


PALI. SININEWS.COM -- Salah satu rumah milik warga Talang Ritam Desa Tanding Marga Kecamatan Penukal Utara kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) hangus terbakar pada Sabtu pagi (12/6/21) sekitar pukul 08.00 WIB saat ditinggal penghuninya ketika menyadap karet di kebunnya. 


Menurut A Rivai kepala desa Tanding Marga bahwa penyebab kebakaran belum diketahui pasti, karena saat pertama kali diketahui api langsung membesar dan melalap rumah dan isinya serta saat kejadian kondisi dusun tengah sepi karena sebagian besar warga tengah beraktivitas di kebunnya. 


Namun beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, tetapi rumah korban nyaris rata dengan tanah dan tidak satupun isi rumah yang bisa diselamatkan. 


"Pemilik rumah bernama Muhadan usia 55 tahun. Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah karena rumah dan isinya hangus terbakar," ucap Kades, Minggu (13/6/21).


Diakui Kades bahwa mobil Damkar tidak bisa menembus lokasi kejadian karena selain jarak jauh juga medan ke lokasi cukup sulit ditembus armada Damkar. 


"Warga hanya bisa menolong memadamkan api dengan alat seadanya, karena mobil Damkar tidak bisa masuk ke lokasi. Kendati tidak bisa masuk, tapi tim dari BPBD PALI datang ke lokasi. Untuk meringankan beban korban kebakaran, kami dari pemerintah desa dan dinas sosial juga BPBD telah menyalurkan bantuan berupa sembako dan alat tidur. Untuk sementara waktu, korban mengungsi di rumah kerabatnya," terang Kades. 


Atas kejadian itu, Kades menghimbau warganya untuk waspada dan mengantisipasi musibah kebakaran untuk selalu mengecek kompor ketika rumah hendak ditinggalkan juga selalu mengecek instalasi listrik.



“Kita sangat perihatin atas kejadian ini, dan  jadikan pelajaran kita semua, agar tetap memperhatikan rumah sebelum melakukan aktifitas, baik mencari nafkah atau pun melakukan aktifitas lainnya. Kami juga mengingatkan kepada warga memasuki musim kemarau  untuk membuka lahan tidak dengan cara membakar. Karena, selain ada ancaman pidana juga bisa membahayakan keselamatan bagi warga itu sendiri,” himbaunya.


Sementara itu, Metty Etika kepala Dinsos PALI mengatakan bahwa pihaknya telah mendatangi korban kebakaran dan sebagai kepedulian pemerintah, Dinsos PALI telah memberikan bantuan tanggap darurat. 


"Kita bantu alat masak, makanan dan paket sembako juga selimut. Mudah-mudahan dengan bantuan itu dapat meringankan beban korban kebakaran," kata Metty.  (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts