PEMDES MUARA IKAN GELAR MUSDESUS TETAPKAN DATA SDGs 2021


PALI,  Sininews. Com -- BBerdasarkansurat Edaran Kemendes PDTT Dirjend Pembangunan Desa kepada Kepala Daerah Gubernur/Bupati/Walikota dan Kepala Desa seluruh Indonesia, nomor 5/PR/03.01/III/2021 perihal Pemuktahiran Data IDM berbasis SDGs.

Pemerintahan Desa Muara Ikan Kecamatan Penukal Utara  Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Pada tanggal 4 Juni 2021 yang lalu,  telah menggelar Musyawarah Desa Khusus untuk penetapan Data Indek Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals ( SDGs)  tahun 2021.

Dijelaskan Ruslan Mansyur ,SE  Kepala Desa Muara Ikan pada awak media ini (13/6/2021) bahwa hampir satu bulan Tim Pokja Pendataan SDGs turun kelapangan mendata berbagai survey " By name by Addrees " di   3 Dusun.

Pada Kegiatan Musdesus dibuka Ketua BPD Muara Ikan Marhan dan hadiri Maka Giansar Camat Kecamatan Penukal utara,  Babinsa,  Bhabinkamtibmas, PD/PLD, Perangkat Desa dan Tokoh Masyarkat lainya. 

Dilanjutkan laporan secara rinci Ketua Tim Pokja SDGs  Aang Kunaifi, SH, bahwa pendataan SDGs Muara Ikan meliputi  berbagai survey, antara lain survey Rumah tangga dan survey Individu,  dengan disimpulkan dari 225  Kepala Keluarga ( KK) dan tervalidasi 902 Jiwa. 

Tambah Kepala Desa yang baru menjabat 1.5 tahun ini,  dari Data IDM berbasis SDGs ini,  akan menjadi tolak ukur Pemerintah Pusat status Perkembangan Pembangunan dan Ekonomi Desa Muara Ikan.

Sbagai Kepala Desa diwilayah Zona terpencil diantara 13 Desa se Penukal Utara,  yang tentunya banyak ketertinggalan diberbagai bidang Pembangunan, berharap banyak kepada Pemerintah Daerah Dan Pemerintah Pusat untuk mendorong  Desa Muara Ikan dapat Maju dan mandiri. Harap... sang Kepala Desa...! 

Ditempat terpisah,  disampaikan Kadin PMD PALI  melalui Kabid TTG dan Pemberdayaan Edy Irwan, SE. Msi,  mengapresiasi atas kinerja Tim Pokja Pendataan, dengan bekerja secara proporsional dan tepat waktu sehingga dapat disimpulkan Musdesus Penetapan data SDGs tahun 2021, berjalan baik dan 100% selesai. 

Akan tetapi perlu diagendakan setelah pendataan, tentunya setiap Desa masih banyak berbagai kekurangan fasilitasi Pemerintah dan Masyarakat, Dari dasar itulah, dalam perencanaan kedepan Desa akan menjadikan nya acuan dalam Musyawarah Desa yang akan tuangkan dalam APBDes  tahun berjalan. 

Juga Edy irwan menghimbau agar setiap kegiatan Pemerintahan Desa,   selalu berkoordinasi dan melibatkan peran serta Masyarakat sehingga dapat tercipta sistem kerja yang Transparan dan Akuntabel... Harap.....nya


(Bungharto/SN)

#Umum

Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts