HERMAN DERU DORONG DANA PELATIHAN PROFESI WARTAWAN SUMSEL



Palembang. SININEWS.COM --

Perhatian Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru (HD) terhadap profesi wartawan memang tidak perlu diragukan lagi, untuk membuat wartawan menjadi kompeten, profesional, dan bernilai estetika. Dirinya siap anggarkan dana untuk membuat Pelatihan Wartawan di Sumsel dengan melibatkan Dewan Pers Indonesia dan UPN Veteran Yogyakarta.


Pernyataan tersebut disampaikan HD saat menghadiri sekaligus membuka acara Uji Kompetensi Wartawan Provinsi Sumatera Selatan yang digelar di Ballroom Hotel Aston, Jumat (25/6/2021).


Menurut HD perlunya pelatihan khusus bagi insan pers sangat penting, training dari lembaga resmi yang ditunjuk langsung oleh Dewan Pers. Dirinya mengaku bangga bisa hadir dan bertemu langsung para peserta uji kompetensi.


Herman Deru menilai, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sudah sangat tepat sekali dilakukan. Sebab hal ini sangat berguna bagi wartawan itu sendiri, sumber berita, maupun masyarakat. Wartawan yang telah mengikuti UKW akan terlihat berbeda mulai dari cara penyajian dan bahasa yang digunakan dalam penulisan berita.


Dikatakan HD profesi wartawan ini sudah seharusnya melewati baerbagai macam pembelajaran, salah satunya melalui uji kompetensi yang digelar pada hari ini.


Diujung sambutannya juga HD menghimbau agar peserta yang telah mengikuti UKW menjalani profesinya sesuai dengan kode etik jurnalistik. Tidak ada lagi wartawan yang mengandalkan profesinya untuk kepentingan bribadi dan menggiring opini kepada masyarakat.


“Kita dipercaya oleh dewan pers untuk menguji wartawan di acara UKW dan saat ini kami sudah 20 kali bekerjasama dengan Dewan Pers dengan acara yang sama, seperti yang kita laksanakan hari ini,” katanya


Sebelumnya juga UKW yang diselenggarakan Dewan Pers dan bekerja sama dgn UPN sudah 3 kalinya dilaksanakan di Sumsel seperti halnya di OKI dan di OKU. Dirinya juga berpesan agar acara ini dapat banyak mengambil manfaat bagi wartawan di Sumatera Selatan sendiri,” ungkapnya. (Humprov)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts