Kades Se-Tempirai Raya Bangga, Kehadiran Kampung Inggris Tingkatkan Ekonomi Masyarakat



PALI. SININEWS.COM -- Keberadaan tempat belajar bahasa inggris di Desa Tempirai kecamatan Penukal Utara kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang saat ini mendapat julukan Kampung Inggris Tempirai-PALI (KIT-PALI) rupanya tidak hanya mencetak generasi yang fasih berbahasa internasional itu tapi juga mampu membangkitkan ekonomi warga sekitar lantaran dari hari ke hari banyak warga luar desa bahkan luar wilayah kabupaten PALI datang ke Desa Tempirai untuk menitipkan anak-anaknya menggali ilmu di tempat tersebut. 


Makin banyaknya siswa belajar di AEC KIT-PALI tidak lepas dari keberhasilan pengurus yang mampu dengan waktu singkat mencetak siswa mampu menguasai bahasa inggris. 


Tentu saja dengan makin banyaknya siswa dari luar desa, banyak diantaranya yang menyewa rumah warga dan berdiam di desa tersebut karena tempat kursus yang didirikan Abri, pemuda setempat dengan diberi nama Abri English Course (AEC) belum menyediakan asrama atau pemondokan. 


"Kalau siswa yang belajar di sini sudah ratusan, namun dari daerah luar desa ada sekitar 30 orang, mereka menginap dengan menyewa rumah-rumah warga sekitar tempat belajar," ucap Abri, pendiri AEC di kampung inggris Tempirai PALI, Minggu (4/7/21).


Sementara itu, Muhamad Jonot kepala Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara, menyambut positif dengan berdirinya AEC KIT-PALI karena dengan banyaknya siswa dari luar desa rumah warga sekitar banyak yang menjadi homestay atau penginapan juga pedagang makakan meningkat pendapatannya. 


"Selain siswa yang menginap, orang tua siswa juga rutin menjenguk anaknya belajar di AEC KIT-PALI. Otomatis mereka membawa uang dan mereka kerap makan dan berbelanja pada pedagang sekitar. Artinya, dengan adanya tempat kursus itu mampu mendongkrak ekonomi warga sekitar. Saya selaku pemerintah desa sangat mendukung dan saat ini kita tengah menyusun langkah apa yang bisa dikembangkan untuk bisa menambah pemasukan bagi desa dan warga sekitar agar kampung inggris bisa lebih dikenal lagi dan lebih banyak lagi warga luar desa belajar disini," terang  Kades Jonot. 


(Bungharto /SN)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts