Pemkot Prabumulih Bakal Hadirkan Dinas Periknan


PRABUMULIH, SININEWS.COM – Setelah melakukan pembahasan dan kajian ditingkat Pansus (panitia khusus), akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih menyetujui pembentukan Dinas Perikanan (Diskan) menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih.

Berdirinya Dinas Perikanan tersebut, ditandai dengan disahkannya Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang perubahan kedua atas Perda Kota Prabumulih nomor 8 tahun 2016 tentang pembentukan susunan perangkat daerah kota prabumulih menjadi Perda Kota Prabumulih.

Ketua DPRD Kota Prabumulih, Sutarno SE mengatakan, dengan telah disetujuinya pembentukan OPD baru yaitu Dinas Perikanan tersebut, pemkot Prabumulih dapat segera mewujudkan rencana pengembangan disektor pertanian dan mengambil dana-dana dipusat.

“Sesuai rencana pemkot kan ingin mengembangkan program seribu bioflok serta pembangunan pabrik pakan ikan dikawasan Kelurahan Payuputat, dengan disahkannya perda pemekaran dinas itu semuanya bisa dilakukan termasuk untuk lebih maksimal mendapatkan dana-dana yang ada di pusat,” ujar Sutarno usai paripurna.

Lebih lanjut Sutarno mengimbau kepada pemerintah, agar menempatkan ASN sesuai dengan bidangnya di OPD baru tersebut. “Sebenarnya kalau masalah SDm atau pegawainya sudah ada, tinggal digeser dari dinas pertanian ke dinas perikanan kan selama ini mereka itu bidang perikanan. Tinggal lagi dipilih, mana yang tepat untuk mengisi jabatan yang ada nantinya,” kata Sutarno.

Sementara, Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengapresiasi kinerja DPRD Kota Prabumulih yang telah melakukan pembahasan dan kajian hingga akhirnya menyetujui pembentukan dinas perikanan. “Kita berterimakasih dan mengepresiasi DPRD kota Prabumulih karena telah menyetujui pembentukan dinas perikanan ini,” ucap Ridho ketika diwawancarai usai mengikuti paripurna.

Dikatakakannya, pembentukan dinas perikanan merupakan salah satu upaya pemkot prabumulih dalam mendapatkan dana di kementerian (pusat). “Karena slah satu syaratnya ini (dinas sendiri), kita lebih mudah lagi untuk menggali (dana pusat0 khususnya kegiatan dibidang perikanan,” bebernya.

Ditanya mengenai SDM dan sarana prasarana termasuk kantor dinas baru itu, walikota dua periode tersebut mengatakan pihaknya akan memindahkan ASN yang bertugas dibidang perikanan dinas pertanian ke dinas perikanan yang baru terbentuk.

“Hanya memindahkan, mobil (dinas) sudah ada selama ini kantor juga petak tidak besak. Siaplah tidak susah juga, kalau ruangan (kantor) banyak lah di sano (gedung pemkot) juga bisa ada ruangan atau gedung pengadilan negeri yang lama kita pinjam nanti,” tuturnya.

Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts