Rumah Pintar Desa Talang Bulang Solusi Anak Untuk Belajar Bersama dengan Prokes Ketat


PALI. SININEWS.COM -- Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting yang menjadi tolak ukur dan juga sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, untuk meningkatkan SDM yang mumpuni dan mandiri ditengah pandemi covid-19 yang saat ini masih merajalela, Desa Talang Bulang kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI mendirikan rumah pintar.


Dimana rumah pintar ini difungsikan sebagai sarana anak-anak untuk belajar tetapi tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan dan membatasi jumlah anak yang belajar atau les di rumah pintar itu. 

Dikatakan Menriadi, kepala desa Talang Bulang bahwa keberadaan rumah pintar itu berdiri atas inisiasi Ketua TP.PKK kabupaten PALI Ir Hj Sri Kustina yang kemudian ditindaklanjuti oleh pemerintah desa tersebut. 

"Sekolah tatap muka saat ini masih dibahas pemerintah kabupaten PALI, apakah akan diberlakukan atau ditunda karena pandemi covid-19 masih terjadi. Namun untuk menambah pengetahuan anak-anak usia pelajar dari PAUD sampai SMA, rumah pintar menjadi solusi untuk menjadi tempat belajar bersama namun dengan prokes ketat," ujar Kades, Senin (12/7/21).

Ditambahkan Kades bahwa hadirnya rumah pintar sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat di sektor pendidikan ditengah pandemi karena saat ini anak-anak belajar secara online yang tentunya daya tangkap anak terhadap pelajaran kurang maksimal.

"Nah dengan adanya rumah pintar ini anak-anak bisa les bersama yang kebetulan saat ini ada beberapa mahasiswa dari Unsri yang tengah melakukan KKN, tentunya, anak-anak tidak belajar sendiri tapi dipandu oleh mahasiswa tersebut. Dengan adanya mahasiswa yang membimbing anak-anak les bisa menambah pengalaman dan keterampilan yang diajarkan mahasiswa," tukasnya. 

Untuk mendukung proses les di rumah pintar  Kades berencana memasang jaringan internet atau Wi-Fi secara gratis.

"Rumah pintar ini terbuka untuk umum, jadi bukan hanya anak usia sekolah saja, tapi lebih dari itu, masyarakat bisa belajar di rumah pintar. Hanya saja tetap patuhi protokol kesehatan. Dan Insyaallah apabila dana desa tahap berikutnya sudah disalurkan, kami akan pasang jaringan internet secara gratis agar proses belajar di rumah pintar semakin maksimal," tuturnya. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts