DINAS PERIKANAN PALI TABUR BENIH IKAN DAN SOSIALISASI FUNGSI POKMASWAS SUNGAI


 PALI,  Sininews -- Dalam rangka melastarikan habitat alam diperairan sungai dalam wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)  Provinsi Sumatera Selatan. 

Dinas Perikanan Kabupaten PALI, berikan formula terpadu dengan menabur benih ikan dan sekaligus Sosialisasikan Tugas dan Fungsi Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS)  Sungai se Kabupaten PALI. 

Acara yang dipusatkan dibalai Desa Air Itam ini,   dibuka Bupati Penukal Abab Lematang Ilir H. Heri Amalindo, MM yang diwakili Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi dan Pembangunan Sunardin, SH

Yang dihadiri Waka Kapolres PALI, Danramil Talang Ubi,  Jajaran OPD lingkup Pemda PALI, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi sumatera selatan ( sekaligus sebagai Nara Sumber Sosialisasi),  Camat se Kabupaten PALI , Para Pokmaswas Desa, Para Nelayan dan Para Kepala Desa serta Tokoh Masyarakat lainnya, dengan standar Protokol kesehatan (Prokes) Covid 19 berjalan lancar dan baik. 

Menurut Kadin Perikanan Kabupaten PALI Mariono, SE. Msi,  didampingi Beberapa Kabid Tehnis dan Penyuluh ini, (13/8/2021) Menjelaskan,  bahwa kegiatan ini merupakan upaya kesungguhan Pemda PALI untuk meningkatkan pelestarian Habibat Ikan tawar sepanjang Daerah aliran sungai (DAS) Sungai Penukal dan sungai Lematang. 

Tambah Mariono, Pada titik sungai Penukal ini, Dinas Perikanan bersama Jajaran OPD,  Pemerintah Desa dan Masyarakat   menabur benih ikan Baung sebanyak 25 ribu Ekor.

Jauh kedepan Kadin Perikanan ini,  mengajak Masyarakat dan Pemerintah Desa untuk berpartisipasi menjaga lingkungan Sungai sehingga habitat ikan benih yang telah ditaburkan dapat berkembang biak dengan baik....harap Mariono. 

Ditempat yang sama,  Kabid Pelastarian ikan Dinas Perikanan dan Kelautan sebagai Nara sumber,  secara rinci memberikan pemaparan Tugas dan Fungsi POKMASWAS dengan Rumus 3 M.

1).Mengamati/Melihat/Memantau.  2). Mendengar,  3),Melaporkan sehingga dapat berperan optimal Menjaga Keamanan Sungai,  serta membantu para Nelayan mengelola dan menjaga  kelestarian habibat ikan Sungai dengan ramah lingkungan. 

Disamping itu Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi sumatera selatan,  kedepan akan mendorong dan membantu prasarana pendukung Tugas POKMASWAS Kabupaten PALI dilapangan, jelas Nara sumber... 

Demikian Kepala Desa Air Itam Agus salim dan Kepala Desa Air Itam Timur Alamsyah, dengan nada yang sama, Menyambut baik atas kegiatan ini dan akan berupaya mendorong kesadaran warganya untuk berpartisipasi mencintai kelestarian lingkungan Habibat ikan sungai. Ujar... Kepala Desa. 


(Bungharto/SN).

#Umum

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts