Rehab Jalan Rambang 7 Km, Pemkab Muara Enim Gelontarkan Dana Rp.9,6 Miliar

FOTO : TAUFIK / Sejumlah pekerja melakukan pengaspalan dengan cara manual disejumlah titik tanpa alat Ashpal Finisher, rabu (4/8/21)

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Pemeliharaan ruas Jalan Kecamatan Rambang perbatasan Prabumulih - Marga Mulia sepanjang 7 Kilometer (KM) mulai dikerjakan, rabu (4/8/21).

Pemeliharaan berkala atau rehabilitasi jalan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Muara Enim (ME) dari Dana Anggaran Khusus (DAK) tahun 2021 yang dikerjakan oleh CV.Pemecutan.

Dengan nilai kontrak pengerjaan sebesar Rp.9.652.828.000 (Sembilan miliar enam ratus lima puluh dua juta delapan ratus delapan puluh dua ribu) dengan waktu 160 hari kalender ditargetkan pemborong selesai sebelum tanggal 17 Agustus 2021.

Dari informasi yang dihimpun dilapangan jalan lintas Kecamatan Rambang Kabupaten Muara Enim tersebut sepanjang 28 KM lebih dan yang akan direhabilitasi hanya 7 Kilometer dengan 53 spot (titik) yang akan diaspal.

Direktur CV.Pelecutan Alam ketika dibincangi wartawan mengatakan pengerjaan Hotmix akan dipriotitaskan pada daerah yang sudah rusak parah seperti diwilayah perbatasan Prabumulih yang panjang spot /titiknya sekitar 100 meter lebih.

"Kita prioritaskan didaerah yang paling parah, seperti di perbatasan Prabumulih (Desa Baru Rambang dan Sugihan)" ucapnya.

Masih kata Alam, pihaknya juga melakukan pelebaran badan jalan sepanjang 1 kilometer (kiri-kanan) masing-masing 1 meter.

"Kita juga melakukan pelebaran jalan sepanjang 1 kilometer kanan dan kiri itu lebarnya satu meter" sambungnya.

Ditempat terpisah, Sahibul Padilah,ST Kepala Desa (Kades) Baru Rambang dikonfirmasi belum lama ini meminta pihak pemborong memperbaiki 2 titik diwilayah tersebut yang dianggap rusak parah untuk dilakukan pengecoran terlebih dahulu sebelum di aspal.

"Jalan itu sudah berulang-ulang ditimbun tapi masih rusak, aku pinta gali dulu setelah itu cor sebelum dilakukan pengaspalan" harapnya.

Untuk informasi pihak pemborong saat ini sedang melakukan pemeliharaan jalan dengan lapisan asphal AC-BC (Asphalt Concrete – Binder Course). Lapisan ini merupakan bagian dari lapis permukaan diantara lapis pondasi atas (Base course) dengan lapis aus (Wearing course) yang bergradasi aggregate gabungan rapat/menerus.

Dari pantaun dilapangan pihak pemborong dibeberapa titik masih melakukan pengerjaan secara manual tanpa alat Ashpal Finisher dan juga terlihat tidak menggunakan Prime Coat atau lapisan pengikat atau sering disebut ashpal basa yang bertujuan untuk memperkuat lapisan ashpal sebelum digunakan.

Walaupun demikian pemenang tender mengaku sudah ada tim PPTK Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim yang mengawasi langsung kelapangan. 

SIMAK VIDEO LENGKAPNYA:


(Tau/sn)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts