Sosialisasi Peningkatan Kualitas Keluarga Digelar DPPPA Sumsel


PALI. SININEWS.COM -- Dinas PPPA Provinsi Sumatera Selatan menggelar sosialisasi Peningkatan Kualitas Keluarga Tahun 2021 yang dilaksanakan baru-baru ini di kantor Camat Talang Ubi kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dihadiri oleh Organisasi Wanita, Kader-kader PKK Kecamatan dan Kelurahan se-kabupaten PALI. 


Dijelaskan Dra Yenni Nopriani kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) kabupaten PALI bahwa keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai peran penting dalam pembangunan nasional. 

"Ini tertuang dalam Undang-undang Nomor 10 tahun 1992 tentang perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera menyebutkan bahwa ketahanan keluarga berfungsi sebagai alat untuk mengukur seberapa jauh keluarga telah melaksanakan peranan, fungsi, tugas-tugas dan tanggung jawabnya dalam mewujudkan kesejahteraan anggotanya," ungkpa Yenni.  

Ditambahkan Yenni bahwa pembangunan keluarga diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas keluarga agar dapat timbul rasa aman, tentram dan harapan masa depan yang lebih kuat, baik dalam mewujudkan kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin.

"Dalam rangka mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat di Kabupaten PALI, Pemerintah Kabupaten PALI telah membuat kebijakan berupa PERDA Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan di Kabupaten PALI. Diharapkan dengan adanya kebijakan tersebut, program-program terkait pengarusutamaan gender salah satunya seperti peningkatan kualitas keluarga ini dapat menjadi prioritas kegiatan di Kabupaten PALI," terangnya. 

Berdasarkan latar belakang yang sudah dijelaskan di atas, dijelaskan Yenni  Dinas PPPA Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan Sosialisasi Peningkatan Kualitas Keluarga untuk Organisasi Wanita, Kader-kader PKK Kecamatan dan Kelurahan, yang bertujuan untuk mewujudkan peningkatan kualitas hidup perempuan dan keluarga, terciptanya masyarakat PALI yang memiliki ketahanan keluarga yang baik. 

"Adapun Narasumber Sosialisasi Peningkatan Kualitas Keluarga ini berasal dari Dinas PPPA Provinsi Sumatera Selatan melalui Bidang Pengarusutamaan Gender (PUG) Bapak Samsah, S.Sos. selaku Kasi Pembinaan Kualitas Keluarga Dinas PPPA Provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan pesertanya berasal dari organisasi wanita dan kader-kader PKK Kabupaten, PKK Kecamatan dan PKK Kelurahan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir." tambahnya. 

Diharapkannya dengan diadakannya Sosialisasi ini dapat menguatkan jejaring organisasi wanita serta kader-kader PKK dalam program ketahanan keluarga. "Selain itu dapat terjalinnya kerjasama dengan Pemerintah dalam pembangunan ketahanan keluarga yang lebih berkualitas," harapnya. (
(sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts