Tanding Marga Siap jadikan Desanya Pilot Projek Budidaya Tanaman Anggur


PALI. SININEWS.COM -- Masa pandemi yang belum kunjung berakhir membuat masyarakat harus membatasi aktivitasnya dengan banyak berdiam diri di rumah untuk mencegah penyebaran covid-19. Dalam mengurangi kejenuhannya selama masa pandemi, banyak diantara masyarakat melakukan bercocok tanam memanfaatkan lahan sekitar termasuk lahan pekarangan. 


Salah satu yang saat ini tengah menjamur di wilayah Bumi Serepat adalah budi daya tanaman anggur. Telah banyak warga PALI mengembangkan tanaman perdu yang sebelumnya dinilai susah untuk dibudidayakan di tanah PALI. 

Semangat membudidayakan tanaman anggur ditunjukkan Kepala Desa Tanding Marga kecamatan Penukal Utara  A Rivai. Terlihat disekeliling halaman rumahnya saat ini telah banyak tanaman anggur impor berbagai varian dan sebagian sudah mulai berbuah. 

Atas pertumbuhan tanaman anggur du desanya Kades Tanding Marga bertekad menjadikan desanya percontohan di Bumi Serepat Serasan, dalam pengelolaan budidaya tanaman anggur. 

Dikatakan Kades bahwa berawal dari ketertarikan dirinya, terhadap mengelola budidaya anggur yang diakuinya sebagai salahsatu buah yang banyak diminati masyarakat. 

"Kata siapa buah anggur tidak bisa tumbuh dan berkembang di kabupaten PALI. Saya buktikan di desa Tanding Marga, anggur sudah tumbuh bahkan kini, di lahan milik saya, sudah berbuah," kata kades, Senin (27/9/21).

Dijelaskan Kades, dirinya siap menjadi pilot project dalam menjadikan desa Tanding Marga, sebagai desa percontohan budidaya anggur. Apalagi sambung Kades, buah anggur memiliki banyak potensi, selain menghasilkan buah, daun anggur juga bisa diolah menjadi bahan makanan, teh, dan lain sebagainya. 

"Serta bisa menjadi agrowisata di Desa Tanding Marga. Kita akan optimalkan pengembangan desa Tanding Marga, menjadi desa percontohan dalam pengembangan budidaya anggur. Serta harapan kami, kabupaten PALI, bisa menjadi sentral pengembangan budidaya anggur di Provinsi Sumatera Selatan," tekadnya. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts