Tuntaskan Banjir di Wilayahnya, Pemdes Gunung Menang Bangun Drainase cukup Lebar


PALI. SININEWS.COM -- Menjadi langganan banjir saat musim penghujan di wilayah Dusun I, II dan III karena aliran air tidak lancar, Pemerintah Desa Gunung Menang kecamatan Penukal kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) membangun drainase sepanjang 141 meter dengan lebar 80 centimeter melalui Dana Desa tahun anggaran 2021.


Proses pembangunan drainase saat ini masih dalam pengerjaan dan ditargetkan pada pertengahan bulan Oktober 2021 rampung dikerjakan.

"Jadi ketika datang penghujan aliran air lancar dan banjir bisa dihindari. Pembangunan drainase ini sesuai permintaan warga melalui musyawarah desa menggunakan dana desa tahun ini," ujar Kades Gunung Menang Sayadi, Senin (27/9/21).

Disamping membangun drainase, Dana Desa tahun 2021 ini juga dikemukakan Kades dipergunakan membangun jalan titian sepanjang 62 meter sebagai akses masyarakat dalam memperlancar akses menuju kebunnya. Juga segera dibangun jalan titian sepanjang 33 meter menggunakan anggaran dana desa tahun 2021.

"Jalan titian itu akses vital masyarakat. Dimana lebih dari 100 KK melintasi akses itu setiap harinya dalam menyambung hidupnya menuju kebun untuk menyadap karet. Dimana sebelumnya, akses itu sulit ditempuh karena lokasi tersebut merupakan sungai atau paye yang setiap tahun warga harus bersusah payah membuat titian dari kayu yang tentunya harus setiap tahun diperbaiki. Tapi dengan dibangunnya jalan titian itu, bisa menggeliatkan ekonomi warga desa kami," harapnya. 

Kades juga mengajak masyarakat agar merawat aset yang telah dibangun agar kualitas bisa bertahan lama. 

"Drainase sudah dibangun jalan titian juga sudah bisa dipergunakan. Untuk itu rawat dan agar banjir tidak terjadi lagi, maka kami mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya serta jangan membuang sampah pada saluran air," ajaknya. 

Sementara itu, Lupis salah satu warga setempat berharap Pemdes Gunung Menang agar meneruskan pembangunan drainase hingga di hilir menuju sungai besar. 

"Kalau musim hujan tiba, daerah ini jadi langganan banjir, dan saat ini Pemdes membangun drainase cukup lebar sehingga kami yakin kedepan musibah banjir tidak lagi terjadi. Juga jalan titian yang telah dibangun sangat membantu masyarakat yang sebelumnya harus bersusah payah mengeluarkan hasil sadapannya. Kami sarankan kepada pemdes Gunung Menang agar terus melakukan pembangunan yang sifatnya untuk kepentingan bersama supaya masyarakat bisa sejahtera," harapnya. (sn/perry)
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts