37 Cakades di PALI Deklarasi Damai


PALI. SININEWS.COM -- Jelang gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2021 mendatang yang diikuti 12 desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten PALI mengajak seluruh Calon Kades yang berjumlah 37 orang dari 12 desa untuk deklarasi damai, Kamis (21/10/21) di halaman kantor Camat Talang Ubi. 

Deklarasi damai itu dihadiri Wakil Bupati PALI Drs H Soemarjono, Kajari PALI, Polres, ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FK2DP) Abul Rustoni serta sejumlah kepala desa yang ada di Bumi Serepat Serasan. 

A Gani Akmad kepala DPMD PALI bahwa tujuan deklarasi damai bagi calon kandidat dalam rangka menciptakan suasana kondusif saat pelaksanaan proses Pilkades, dari tahapan hingga saat pelantikan calon kepala desa terpilih.

"Hasil yang diharapkan pada kegiatan ini adalah mewujudkan Pilkades yang aman, tertib dan damai. Cakades harus menyatakan siap menang dan siap kalah," ujar A Gani. 

Sementara itu, Kapolres PALI AKBP Rizal Agus Triadi melalui Wakapolres berpesan kepada seluruh Cakades agar bersaing secara sehat. 

"Yang perlu diingat adalah jaga suasana kondusif. Silahkan bersaing tetapi secara sehat. Saat ini masih pandemi corona, jadi tetap terapkan protokol kesehatan jauhi kerumunan. Apabila telah terpilih, jaga amanah," pesan Wakapolres PALI. 

Ditempat sama, Wabup PALI menghimbau seluruh Cakades agar meluruskan niat terlebih dahulu untuk membangun desa sehingga saat terpilih nanti mampu memajukan desanya dan dicintai masyarakatnya. 


"Diketahui bahwa setiap desa mengelola anggaran hampir Rp 2 milyar. Pergunakan anggaran yang besar itu untuk memajukan desa. Maka dari itu niatkan dari sekarang tujuan kita maju sebagai calon Kades. Silahkan berkampanye, jangan banyak janji dan cari cara yang bijak tanpa menjatuhkan lawan. Kepada penegak hukum, tolong dikawal agar berjalan aman dan tanpa gesekan. Sebab pada setiap ajang Pilkades pasti ada yang tidak jadi," himbau Wabup. 

Dalam pelaksanaan Pilkades nanti, Wabup menekankan panitia Pilkades untuk memperketat penerapan protokol kesehatan, supaya jangan sampai pesta demokrasi pada 12 desa yang Ikuti Pilkades serentak tidak menjadi cluster baru penyebaran covid-19. 

"Bagaimana caranya saat pelaksanaan Pilkades hindari kerumunan agar tidak menimbulkan cluster baru, karena saat ini pandemi corona masih terjadi agar jalannya Pilkades serentak di PALI berjalan aman dan sehat," harap Wabup. 

Pada kegiatan deklarasi damai bagi Cakades, DPMD PALI  juga melakukan kegiatan secara simbolis penyerahan sepeda motor yang bersumber dari Bantuan Gubernur tahun 2021 untuk 26 desa persiapan yang ada di kabupaten PALI. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts