Dewan PALI Dapil II Reses di Babat dan Penukal Utara


PALI. SININEWS.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Daerah Pemilihan (Dapil) II meliputi dua kecamatan yakni Penukal dan Penukal Utara lakukan reses di Kecamatan Penukal Utara dan kecamatan Penukal, Selasa (19/10/21). Reses sendiri dipimpin langsung H Asri AG, ketua DPRD PALI diikuti anggota dewan lainnnya dari Dapil tersebut, yaitu Edi Eka Puryadi, Tuti Ilsan, Suarno, H Amran, Basuki Rahmat juga Jodika.

Ari Mediansyah, kepala desa Babat menyampaikan keinginan kepala desa ketika digelar reses di kantor Camat Penukal agar dewan mendukung adanya pelatihan kepemimpinan untuk kepala desa. Karena menurut Kades Babat bahwa kepala desa saat ini belajar memimpin secara otodidak.

"Sejak kami dilantik tahun 2019 lalu belum pernah ada kegiatan pelatihan kepemimpinan yang bisa diterapkan atau diaplikasikan di desanya masing-masing. Karena latar belakang pendidikan Kades tidak sama, mulai dari SMP sampai sarjana, Diklat perlu dilakukan dalam menambah pengetahuan kepala desa untuk memajukan desanya. Untuk itu kami minta dewan mendukung kegiatan pelatihan bagi kepala desa," ujar Ari. 

Kades Babat juga menyampaikan permintaan pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) skala kecamatan dalam menanggulangi sampah yang ada di kecamatan Penukal. 

"TPA ini perlu dibangun karena selama ini belum ada tempat pembuangan sampah akhir menyebabkan warga banyak membuang sampah dipinggir jalan," tukasnya. 

Kades juga meminta agar dibangun jalan penghubung antar desa untuk memperlancar akses ekonomi masyarakat. 

Menanggapi keinginan masyarakat, H Asri mengatakan bahwa terkait permintaan pelatihan kepala desa, dewan sudah beberapa kali mengusulkan digelarnya Diklat, namun hingga saat ini belum direalisasikan Pemkab PALI. 

"Tujuan turunnya anggota dewan ketengah-tengah masyarakat dalam rangka menyerap aspirasi sebagai kewajiban dewan dalam menjalankan fungsinya. Tugas anggota dewan salah satunya adalah melakukan pengawasan. Dalam melakukan pengawasan, dewan hanya mengawasi anggaran yang sudah disetujui direalisasikan atau tidak. Kemudian dalam menyerap aspirasi, kami harus turun ke masyarakat mendengarkan juga menyampaikan keinginan serta kebutuhan masyarakat kepada pemerintah. Terkait keinginan Diklat, sudah kami sampaikan beberapa kali," ujar H Asri. (sn/perry)


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts