Polemik Seismik, Dua Desa Ini Kepung Asset Pertamina Prabumulih

 

Foto : Ratusan massa desa gunung raja blokade jalan dan putar arahkan kendaraan milik pertamina dan pt.bgp, senin (25/10/21).

MUARA ENIM, SININEWS.COM – Ratusan masyarakat Desa Gunung Raja Kecamatan Empat Petulai Dangku Kabupaten Muara Enim, Sumsel gelar aksi demo disimpang tiga Dusun III Gunung Raja, Senin (25/10/21).
 
Puluhan kendaraan milik PT.Pertamina dan PT.BGP munuju area kerja Simpang Stasiun Pengumpul (SP3) Gunung Kemala lumpuh total tak bisa melewati jalan tersebut. Hal itu buntut dari kekecewaan warga atas ganti rugi eksplorasi seismik yang dilakukan PT Bureau Geophysical Prospecting (BGP) Indonesia tak sesuai.
 
Dalam aksi itu ratusan masa Desa Gunung Raja memaksa kendaraan operasional milik Pertamina untuk putar arah sebelum hal warga dikabulkan.
 
Beberapa tuntutan warga yakni meminta pembayaran atau kompensasi lubang bor oleh PT.GBP sebesar Rp.2 juta perlobang dan Rp.25 ribu permeter untuk lintasan Recording. Sebelumnya perwakilan warga sempat mediasi dikantor BGP di komplek PT.Pertamina Prabumulih namun, tak menemui kesepakatan.
 
“Tuntuntan kami kepada GBP mengenai kompensasi rumah retak dan lahan meter maju” jelasy Yupi wakil masyarakat Gunung Raja seraya mengatakan dirinya merasa kecewa atas kegiatasan siesmik yang tak transparan.
 
Dalam aksi itu pihak kepolisian dari Polsek Rambang Dangku serta Kodim 0404 Muara Enim diterjunkan kelapangan untuk mengamankan ratusan massa desa Gunung Raja.
 
Kapolres Muara Enim AKBP Danni Sianipar,SIK melalui Kapolsek Rambang Dangku AKP Sofyan Ardeni, SH mengatakan TNI Polri akan terus memberikan pengawalan pada aksi demo yang digelar masyarakat agar tidak terjadi tindakan diluar hukum.
 
“Saat ini sekitar 200 an massa warga Desa Gunung Raja menyampaikan aspirasinya tapi kami tetap mengawal jangan sampai diluar batas” tegasnya.
 
Ditempat terpisah, aksi yang sama digelar di Stasiun PMB Prabumulih Kelurahan Anak Petai Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih, puluhan masyarakat Kelurahan Gunung Kemala datangi kantor produksi Pertamina agar pihak perusahaan yang menaungi PT.BGP bisa memfasilitasi tuntutan warga.
 
Hingga berita ini diterbitkan masyarakat Gunung Kemala masih ramai berjaga-jaga dan menunggu keputusan PT.BGP atas tuntutannya. (sn/tau)

Video lengkapnya :


 
 
 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts