Bersihkan Lingkungan Desa, Pemdes Karang Tanding Kerahkan Emak-emak


Penukal Utara. SININEWS.COM -- Jaga kebersihan lingkungan dalam Desa, Pemerintah Desa Karang Tanding Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) membentuk Tim siaga Kebersihan sebanyak 5 orang dari kaum perempuan (emak-emak). 

Adapun tugas emak-emak itu dijelaskan Pj. Kades Karang Tanding Arisman pada awak Media ini (8/11/2021) yaitu sebagai petugas Kebersihan lingkungan dalam Desa,  antara lain membersihkan jalan Raya, jalan setapak, kantor dan prasarana umum dari  berbagai sampah. 

"emak emak ini diberikan insentif bulanan dari anggaran pendapatan Desa berupa Dana bagi Hasil (DBH) tahun 2021.
Disamping sebagai upaya pemberdayaan kaum Perempuan Desa. Kegiatan ini suatu strategi untuk melawan sampah dalam Desa,  sehingga dengan adanya petugas Kebersihan, Masyarakat merasa malu membuang sampah sembarangan,  yang tentunya akan membuang sampah pada tempatnya yang telah disediakan Desa (Tong sampah)," jelas Arisman.

Demikian koordinator lapangan kebersihan,  Sarinisa,  mengungkapkan bahwa dengan pekerjaan itu dirinya bangga karena sebagai kaum ema emak dapat berkontribusi untuk kemajuan Desa Karang Tanding. 

Sebagai Petugas Kebersihan yang sudah dijalani hampir satu tahun ini, dia merasa tidak terbebani dan mengganggu aktivitasnya sebagai ibu rumah tangga,

"Kami laksanakan usai membantu suami menyadap karet diladang dan memasak dirumah,  maka Kami turun kelapangan dengan seragam oranye serta peralatan sapu,  Karung goni dan lainya,  yaitu sekitar jam 14.00  hingga 16.00 WIB," ungkapnya. 

(Bungharto /SN).
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts