Hujan Deras Semalaman, Hampir Seluruh Wilayah di PALI Banjir



foto. kepala BPBD PALI saat meninjau lokasi banjir, Sabtu (22/1/22)


PALI. SININEWS.COM -- Wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) diguyur hujan sejak Jum'at pagi (21/1/22) hingga Sabtu pagi (22/1/22) mengakibatkan hampir seluruh desa yang ada di wilayah Bumi Serepat Serasan alami banjir. 


Dikatakan Junaidi Anuar kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten PALI bahwa dari pantauannya bahwa ada puluhan desa yang alami banjir. 

"Dari pantauan kami, desa Benuang, Kertadewa, Jeramba Besi, Sungai Ibul, Sepantan Jaya, Sebane, Prabumenang, Tanding Marga, Karang Tanding, Tanah Abang Utara dan Curup alami banjir. Namun masih banyak lagi yang belum terpantau karena hujan deras turun hampir dua hari dua malam. Akibat hujan deras juga, gorong-gorong di desa Betung kecamatan Abab jebol," ujar Junaidi Anuar. 

Juniadi menghimbau warga agar waspada dan jangan membiarkan anak-anak bermain diarea banjir. 

"Biasanya ketika banjir tiba menjadi arena bermain anak-anak, nah yang seperti ini perlu diwaspadai dan orang tua harus mengawasi anak-anaknya ketika bermain diarea banjir untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Juga saat banjir rawan binatang buas keluar karena sarangnya terendam. Juga kepada pengendara harus hati-hati saat hujan turun, lebih baik menghindari bepergian saat hujan dan kalaupun sudah ditengah jalan, pilih berteduh untuk menghindari pohon tumbang," pesan Junaidi. 

Dari pantauan media ini memang ketika banjir, warga berhamburan menuju titik lokasi. Sebagian besar warga membawa kendaraannya untuk dicuci serta anak-anak riang bermain disekitar lokasi banjir. 

"Sudah lima tahun desa kami tidak banjir, dan akibat hujan dari kemarin jalan kami dan puluhan rumah disekitar sungai terendam. Tentu saja kami manfaatkan banjir ini untuk mencuci kendaraan," ujar salah satu warga Jerambah Besi. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts