Jalan Mulus, Geliat Ekonomi Tanah Abang Terasa


PALI. SININEWS.COM -- Terhambatnya akses warga di sejumlah desa dalam kecamatan Tanah Abang kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akibat jalan penghubung dengan kondisi buruk yang sudah lama terjadi akan menjadi cerita masa lalu bagi warga. Pasalnya, dipenghujung tahun 2021, pemerintah provinsi Sumatera Selatan menggelontorkan anggarannya untuk melakukan perbaikan pada jalan yang menjadi urat nadi perekonomian warga kecamatan Tanah Abang. 


Lebih kurang 15 kilometer jalan dari Desa Harapan Jaya hingga melewati kantor Camat Tanah Abang saat ini telah mulus diaspal membuat aktivitas warga lancar dalam menjalankan kesibukannya sehari-hari. 


Tentu saja, dengan mulusnya jalan poros itu, perekonomian masyarakat setempat diprediksi bisa meningkat di tahun 2022 karena tidak ada lagi hambatan warga dalam berinteraksi terutama petani yang saat ini bebas menjual hasil pertaniannya kapan pun karena setiap hari pasaran, banyak pembeli hasil pertanian dari berbagai daerah datang hingga ke pelosok. 


Seperti diutarakan Putra, salah satu warga Desa Harapan Jaya yang berprofesi sebagai petani karet mengaku sebelumnya untuk menuju pusat kecamatan Tanah Abang membutuhkan waktu cukup lama karena akses jalan banyak yang rusak serta ketika hari pasaran, pembeli getah yang datang ke desanya hanya itu-itu saja membuat harga getah dikendalikan pembeli.


"Sejak jalan kami mulus, bukan hanya pembeli yang banyak datang ke pasar kalangan untuk membeli getah, juga petani lain yang menggeluti budidaya bibit karet melonjak permintaannya lantaran akses jalan kami kembali hidup," ujarnya, Kamis (6/1/22).


Juga diutarakan Eko, pemilik sebuah toko di Tanah Abang yang dirasakan banyak manfaatnya setelah jalan poros Tanah Abang mulus. "Alhamdulillah omzet kami meningkat setelah jalan diaspal. Banyak banyak pembeli datang dari pelosok yang sebelumnya malas keluar karena jalan rusak. Mudah-mudahan ini awal yang baik di tahun 2022," katanya. 


Terpisah Aka Cholik Darlin, tokoh muda Lematang menyebut bahwa dengan diperbaiki ruas jalan raya kecamatan Tanah Abang yang tentu saja menjadi penyemangat bagi masyarakat Lematang Ilir khususnya para pengusaha UMKM. 


"Yang tentu saja menjadi jalur perekomian yang efektif karena kita tahu bahwa kecamatan Tanah Abang menjadi pusat Pendidikan dan kesehatan dengan beroperasinya RS Pratama. Ini membantu minat masyarakat dalam mobilitas sehari-hari dengan tidak ragu saat musim hujan dan kemarau karena akses jalan cukup baik. Dengan dibangunnya jalan inu tidak lepas dari  kinerja Bupati PALI H Heri Amalindo yang cukup responsif terhadap keinginan masyarakat, tentu saja saya berikan apresiasi terhadap beliau," ujar mantan anggota DPRD PALI ini. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts