Laba Bank Sumsel Babel Naik 13,33%, Muara Enim Terima Dividen Rp 9,5 Milyar


MUARA ENIM, SININEWS.COM
- PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Bank Sumsel Babel) kembali menunjukkan performa kinerja positif. Melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2021 yang dihadiri oleh Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., Senin (07/03) di Hotel Wyndham, Kabupaten Banyuasin, dilaporkan sepanjang tahun 2021, Bank Sumsel Babel berhasil membukukan laba sebesar Rp 625 milyar atau meningkat 13,33% dibanding tahun sebelumnya atau terealisasi 105,79% dari target. Hal ini-pun berdampak pula pada penerimaan dividen (pembagian laba) Pemkab. 

Muara Enim sebagai salah satu pemegang saham yang mengalami peningkatan 14,45%, yaitu dari tahun sebelumnya sebesar Rp 8,3 milyar menjadi Rp 9,5 milyar. Selanjutnya dividen ini akan disetorkan ke kas daerah sebagai penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2022.

Seusai rapat, Pj. Bupati menjelaskan bahwa dividen yang diterima Pemkab. Muara Enim ini didasarkan pada penetapan skema proporsi dividen kepada para pemegang saham, yaitu sebesar 50% dari total laba bersih perusahaan setelah dikurangi pajak, yang kemudian dibagi berdasarkan jumlah saham dari masing-masing pemegang saham. 

Dijelaskan Pemkab. Muara Enim menjadi pemegang saham terbesar ke-5 dari 27 pemegang saham lainnya di Bank Sumsel Babel, yaitu sebesar Rp 59,4 milyar yang terdiri dari 44 lembar saham seri A dengan nominal Rp 44,6 milyar ditambah dengan agio sebesar Rp 14,8 milyar. 

Jumlah saham ini-pun, menurutnya telah bertambah Rp 5 milyar dibanding tahun sebelum dan melihat tren positif ini maka menurutnya masih terbuka kemungkinkan untuk diajukan penambahan saham sebesar Rp 20 milyar lagi yang nantinya akan diusulkan dan dibahas melalui Badan Anggaran DPRD Kabupaten Muara Enim.

Lebih lanjut Pj. Bupati yang didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Riswandar, S.H., M.H., mengapresiasi capaian kinerja Bank Sumsel Babel.  Dirinya berharap Bank Sumsel Babel sebagai bank milik daerah dapat terus tumbuh dan maju menjadi bank yang kompetitif, setidaknya menjadi tuan rumah di negeri sendiri. 

Pj Bupati-pun mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan perhatian Bank Sumsel Babel melalui berbagai program CSR maupun kemitraan usaha kecil dan bina lingkungan yang terus disalurkan kepada masyarakat di Bumi Serasan Sekundang.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts