Muara Enim Siagakan Tim Water Rescue

MUARA ENIM, SININEWS.COM -- Guna merespon cepat kejadian bencana yang terjadi di wilayah Labupaten Muara Enim khsususnya kejadian bencana air, Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palembang Menggelar Pelatihan Water Rescue kepada Potensi SAR di Kabupaten Muara Enim.

Pada pelatihan yang dilaksanakan dari tanggal 21 sampai 26 Maret 2022 ini, jumlah peserta yang mengiikuti yakni 50 orang terdiri dari 20 Orang berasal dari unsur TNI/Polri serta instansi pemerintah dan 30 Orang berasal dari perangkat desa.

Pj Sekda Muara Enim Drs. H. Emran Tabrani, M.Si di aula serba guna Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Selasa (22/03/22) serta mengatakan, pihaknya mengapresiasi diadakannya Kegiatan Pelatihan SAR, Menurutnya kegiatan pelatihan yang baru pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Muara Enim.

“Sangat tepat pelatihan ini karena dilihat dari sisi topografi, Kabupaten Muara Enim yang sebagian besar merupakan dataran rendah serta dialiri oleh dua sungai besar yaitu Sungai Lematang dan Sungai Enim serta masih terdapat puluhan anak sungai yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Terakhir Emran mengatakan, kepada seluruh peserta agar Benar-benar serius dalam mengikuti kegiatan serta menyerap semua ilmu yang diberikan agar dapat diimplementasikan saat terjadi musibah ataupun bencana serta Kondisi membahayakan manusia dan tetap menjaga kesehatan tutup embran.

Sementara itu, Inspektur Basarnas , Brigadir Jenderal TNI Chanlan Adilane, S.I.P., M.A.P yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa sesuai amanah Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan  Pertolongan, Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (BASARNAS) memiliki kewajiban melaksanakan pembinaan Potensi SAR ke semua kalangan di seluruh penjuru tanah air.

 “Kami menyadari dengan terbatasnya SDM yang kami miliki, keterlibatan potensi SAR sangat membantu dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan menjadi penting, karena Basarnas tidak bisa bekerja sendiri, jadi upaya ini menjadi bagian dari membangun karakter bangsa dan pencegahan di bidang SAR (SAR Preventive),” terangnya

Selain itu, menginggat semakin hari semakin meningkatnya angka kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan manusia, oleh karena itu menurutnya perlu ada Sinergitas dan Soliditas yang kuat antara Basarnas dengan potensi SAR yang dalam hal ini Instansi pemerintah dan  perangkat desa. 

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palembang Hery Marantika, S.H., M.Si menjelaskan, pelatihan potensi SAR ini sudah menjadi agenda tahunan dalam program kerja Basarnas palembang dimana pada tahun sebelumnya sudah dilaksanakan di Kab. Musirawas dan Kabupaten OKU Selatan Jelas hery. Kegiatan ini kita laksanakan dengan tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan seperti melaksanakan rapid antigen kepada seluruh peserta, mencuci tangan, menjaga jarak dll guna mencegah penyebaran virus covid-19.

Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts