Distan PALI Surati Gubernur, Minta Alsintan Bisa Dikelola dan dI Rawat di PALI


PALI. SININEWS.COM -- Mempermudah para petani di Kabupaten Penuakal Abab Lematang Ilir (PALI) dalam pemanfaatan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Dinas Pertanian (Distan) meminta kepada Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) untuk pengelolaan dan perawatan Alsintan yang ada kembali ke anggaran APBD PALI.


Hal itu dijelaskan Plt Kepala Distan Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni SP MM, saat meninjau Alsintan di Desa Talang Akar, Kecamatan Talang Ubi, jenis Alat berat excavator yang diamanakah kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di Kabupaten PALI


"Memang sekarang ini kita (Distan, red) mendapat surat dari provinsi untuk melaporkan kondisi dan mengumpulkan alat-alat berat. Yang rusak masih menjadi tanggung jawab Gapoktan dan selalu di surat terus Gapoktan untuk memperbaiki alat tersebut,” terangnya, saat meninjau lokasi Alat berat Excavator, belum lama ini. 


Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa Distan PALI sudah bekoordinasi dengan kades Talang Akar untuk dititipkan alat-alat berat tersebut dan disepakati untuk dijaga bersama-sma tanpa sewa lahan.


"Kenapa di Talang Akar, di pilih tempat itu dengan pertimbangan lahan luas dan terjangkau dari monitoring pihak Dinas Pertanian. Ada empat alat berat makanya perlu lahan yang cukup luas. Satu berfungsi normal, dua rusak ringan dan satu rusak berat, semua alat masih tahap perbaikan oleh gapoktan dan laporan kegiatan alat di buat secara berkala," katanya yang juga Ketua FPTI PALI ini.


Selain itu, agar Alsintan yang ada dapat bergerak terutama membantu masyarakat dalam pengelolaan lahan pertanian, maupun membuka lahan pertanian, Pemda PALI telah menyurati Gubernur agar Alsintan terutama alat berat excavator, biaya perawatannya diambil alih APBD PALI.


"Sekarang kita sudah buat surat Bupati yang ditujukan kepada Gubernur melalui Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumsel untuk alat berat tersebut agar dihibahkan kepada Kabupaten PALI melalui brigade alsintan Dinas Pertanian," tambahnya.


Tujuannya, agar pemeliharaan bisa melalui APBD dan kebutuhan alat berat sangat di butuhkan oleh petani dalam rangka membuka lahan tanpa membakar. "Mengingat proposal permintaan peminjaman dari masyarakat sudah banyak," pungkasnya. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts