Ternak Ayam Bisa Tuntaskan Permasalahan Stunting, Tidak Percaya?


PALI. SININEWS.COM -- Stunting atau terhambatnya tumbuh kembang anak akibat kekurangan asupan gizi yang saat ini gencar digelorakan pemerintah untuk segera ditangani agar tidak terjadi lagi kasus serupa terhadap anak sebagai penerus bangsa rupanya akan tuntas apabila masyarakat mau memelihara ayam di rumahnya. 


Alasan beternak ayam bisa atasi permasalahan stunting dijelaskan Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) H Heri Amalindo disela kesibukannya pada Senin (11/4/22).

Menurut orang nomor satu di Bumi Serepat Serasan itu, bahwa ternak ayam apabila ditekuni akan mampu memenuhi gizi keluarga, sebab selain dari daging ayam yang bisa dikonsumsi, juga telur yang dihasilkan tidak kalah manfaatnya dengan daging ayam. 

"Kami pribadi juga memelihara ayam kampung di sekitar pekarangan rumah. Awalnya hanya tiga ekor ayam betina dan satu ekor pejantan, tetapi belum sampai dua tahun, ayam yang dipelihara sudah ratusan. Itu sisa dari yang dikonsumsi, baik daging ataupun telurnya. Tentu, kalau ini kita lakukan dengan tekun pasti dalam pemenuhan gizi keluarga tidak harus mahal didapat dengan cara membeli. Kalau gizi keluarga sudah terpenuhi, naka stunting akan lewat," ujar Bupati. 


Dalam pemeliharaan ayam kampung  ditambahkan Bupati tidak perlu perawatan khusus atau memerlukan tempat luas, cukup menyiapkan kandang untuk bertelur disekitar lahan pekarangan atau tidak jauh dari rumah. 

"Tentu saja, meski ayam-ayam kita dilepas, tetap harus disiapkan kandang dan perawatan agar bisa berkembang biak dengan baik, bahan pembuatan kandang, di sekitar kita cukup melimpah  seperti kayu atau bambu. Untuk pakan, kita bisa budidayakan maggot atau ulat yang berasal dari lalat BSF atau lalat tentara hitam disamping sisa makanan kita. Budidaya maggot sangat mudah dan murah serta pengetahuan untuk budidaya maggot sudah banyak di internet," tukasnya. 

Ternak ayam juga dikemukakan Bupati bisa menambah penghasilan keluarga, sebab kalau sudah banyak, warga yang melakukan ternak ayam bisa menjualnya. 

"Silahkan praktekan ternak ayam kampung karena kami telah merasakan hasilnya. Kalau untuk konsumsi sendiri sudah lebih, kita bisa menjualnya yang pastinya hasil penjualan bisa untuk menambah penghasilan keluarga," terangnya. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts