10 Poktan Terima UPPO, Distan PALI: Upaya Pemerintah Atasi Mahalnya Harga Pupuk


PALI. SININEWS.COM -- Dinas Pertanian Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) segera menyalurkan bantuan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) terhadap 10 (sepuluh) Kelompok Tani (Poktan) yang ada di Bumi Serepat Serasan. Bantuan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2022.


Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pertanian kabupaten PALI, Ahmad Jhoni Rabu (25/5/22). Menurut Ahmad Jhoni bahwa program bantuan itu merupakan upaya pemerintah dalam menanggulangi kelangkaan dan mahalnya harga pupuk kimia.

"Program UPPO ini bertujuan untuk menggerakkan petani agar memproduksi pupuk sendiri berbahan dasar kotoran hewan yang nantinya diberikan melalui kelompok tani," ujar Ahmad Jhoni. 

Program UPPO sendiri dijelaskan Ahmad Jhoni berupa sapi sebanyak 8 ekor berikut kandang dan alat pencacah rumput serta kendaraan roda tiga untuk mencari rumput juga tempat pengolahan pupuk organik. 

"Nantinya setiap kelompok tani yang mendapatkan bantuan program UPPO itu mengolah kotoran hewan menjadi pupuk organik. Minimal unjuk kebutuhan pupuk pada setiap anggota Kelompok tani penerima. Atau kalau mampu  memproduksi banyak, bisa dijual ke petani lainnya sehingga bisa menopang kesejahteraan anggota kelompok tani," terangnya. 

Disamping memproduksi pupuk organik dari kotoran hewan, Ahmad Jhoni juga menyebut bahwa anggota kelompok dapat mengembangkan budidaya sapi sehingga dari anakan sapi yang diperoleh, anggota kelompok mendapatkan keuntungan.

"Sudah jelas manfaat yang didapat dari bantuan UPPO ini apabila dikelola dengan baik. Kami juga dari Dinas Pertanian akan mendampingi dan memantau perkembangan kelompok tani penerima bantuan. Sehingga tujuan utama dalam memenuhi kebutuhan pupuk serta daging juga bisa meningkatkan kesejahteraan petani," harapnya. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts