Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu PALI Siap Tindaklanjuti MoU Antara Bawaslu Sumsel dan Kanwil Kemenag

foto. ketua Bawaslu PALI didampingi Kasek Bawaslu Pali 


PALI. SININEWS.COM -- Meski pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 masih lama, namun persiapan-persiapan menyongsong gelaran pesta demokrasi akbar di negeri ini sudah mulai dilakukan sejak Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melakukan launching dimulainya tahapan Pemilu. 


Persiapan demi persiapan dilakukan oleh penyelenggara maupun lembaga pengawas dalam hal ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang saat ini menjajaki kerjasama bersama instansi lainnya untuk meningkatkan  partisipatif pengawasan dalam melakukan pemantauan terhadap jalannya semua tahapan Pemilu. 


Seperti pada Rabu (22/6/22), Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan melakukan penandatanganan MoU dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan di Palembang yang dihadiri langsung Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto, Kordiv Pengawasan Junaidi dan dari Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Dr Syafitri Irwan juga seluruh ketua Bawaslu kabupaten/kota se-Sumsel. 


Pasca menghadiri penandatanganan MoU dengan Kanwil Kemenag, H Heru Muharam, Ketua Bawaslu kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) didampingi Kasek Bawaslu PALI Adi Kurniawan menyebut bahwa kerjasama antara Bawaslu Provinsi dengan Kanwil  Kemenag akan ditindak lanjuti ditingkat kabupaten PALI sesuai arahan ketua Bawaslu Provinsi.


"Tujuan kerjasama ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu dengan lembaga Kemenag seperti KUA, penyuluh dan P3N jika sudah diaktifkan kembali. Tentu saja kerjasama ini akan kami tindaklanjuti di kabupaten PALI," ujar Heru Muharam. 


Kerjasama dengan berbagai lembaga atau instansi pemerintahan maupun swasta dan elemen masyarakat diungkapkan Heru Muharam sangat penting sebagai langkah mensukseskan Pemilu yang cerdas dan bebas dari pelanggaran. 


"Bawaslu PALI akan terus sosialisasikan ke tengah-tengah masyarakat agar semua masyarakat dapat berpartisipasi pada Pemilu 2024. Apalagi pelaksanaan  Pemilu 2024 terdapat pemilihan legislatif, presiden, DPD, dan pilkada," terangnya. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts