Dinas Ketahanan Pangan PALI Gelar Lomba Kreasi Kuliner Berbahan Non Tepung dan Beras, Berikut Nama Pemenangnya


Caption foto. Panitia lomba kuliner dari Dinas Ketahanan Pangan kabupaten PALI 


PALI. SININEWS.COM -- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar lomba berbagai kuliner masakan secara maraton di 5 Kecamatan se Kabupaten PALI.

Kegiatan itu dalam rangka mendorong minat masyarakat mencintai kreasi kuliner lokal berbahan baku non tepung dan beras, untuk dijadikan jajan makanan bernilai ekonomis dan menciptakan kreatifitas.

Penutupan perlombaan masakan kuliner digelar di Kecamatan Penukal utara yang di ikuti 11 Tim Penggerak PKK Desa.

Antara lain Desa Tempirai Timur, Desa Tempirai Utara, Desa Tempirai, Desa Prabumenang, Desa Lubuk Tampui, Desa Tanding Marga, Desa Karang Tanding, Desa Kota baru, Desa Tanjung baru, Desa Sukarami dan Desa Tambak.

Kegiatan yang digelar di aula Kantor Camat Penukal utara ini, dihadiri para juri perlombaan yang Profesional dipandu Kabid Pangan Birman Alamsyah, Spd.M.kes didampingi, Juri bidang Tata boga, Juri bidang Kesehatan dan Juri TP.PKK Kabupaten PALI.

Dalam arahan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten PALI diwakili sekretaris Dinas Patisman semait, Spd, Msi bahwa perlombaan ini disamping menguji kemampuan dan ketrampilan para Tim Penggerak PKK desa di bidang kuliner juga mendorong minat kreatifitas berwirausaha.

"Serta menumbuh kembangkan semangat bercocok tanam dipekarangan rumah, seperti menanam ubi, singkong, talas dan lainnya," ujar Patisman, Kamis 28 Juli 2022.

Diharapkan Patisman, sehingga hasil kebun perkarangan  tersebut dapat di olah dengan berbagai masakan kuliner yang berbahan baku non tepung dan beras,

"Tentunya bila dikelola dan dikemas dengan baik akan menghasilkan nilai jual di tengah masyarakat sebagai kuliner lokal Kabupaten PALI," tandasnya. 


Ditambahkan Camat Penukal Utara Maka giansar, SH yang mengapresiasi atas perlombaan masakan kuliner ini, dan meminta kepada  para peserta  agar selalu proaktiv dalam organisasi TP.PKK Desa  sehingga terjalin kekompakan. "Tujuan akhirnya adalah mampu menciptakan ide kreatif dalam masakan kuliner," harap Camat. 

Adapun hasil keputusan Tim  juri pada perlombaan masakan kuliner ini dengan katagori penilaian jenis Kuliner Pempek original :


Juara 1 diungguli TP.PKK Desa Sukarami.

Juara II disusul TP.PKK Desa Tempirai Utara.

Juara III Disusul TP.PKK Desa Tempirai Timur.


Juara harapan I TP.PKK Desa Tempirai Utara

Juara Harapan II TP.PKK Desa Prabumenang

Juara Harapan III TP.PKK Desa Lubuk Tampui.


Sementara  Katagori penilaian jenis Kuliner Pempek OLAHAN :


Juara  ( 1 ) TP.PKK Desa Tanding Marga

Juara ( II ) TP.PKK Desa Sukarami

Juara  (III ) TP.PKK Desa Karang Tanding.


Juara Harapan ( I ) TP.PKK Desa Prabumenang.

Juara Harapan (II ) TP.PKK Desa Tanjung Baru

Juara Harapan (III ) TP.PKK Desa Tempirai Timur.


(SN/Bungharto)


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts