Jadi Garda Terdepan Penegakkan Perdes, Linmas Tempirai Selatan 'Digodok'


Foto. Suasana pelatihan Satlinmas desa Tempirai Selatan 


PALI. SININEWS.COM -- Meningkatan kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintahan Desa (Pemdes) Tempirai Selatan Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggodok anggota Satlinmas yang ada di desa tersebut, Kamis (28/7/22).


Penggodokan anggota Satlinmas Desa Tempirai Selatan dilakukan dengan menggelar pelatihan dan pembekalan untuk menjalan tugas ditengah masyarakat.


Sebab, Satlinmas merupakan garda terdepan penegak Peraturan Desa (Perdes) dan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten/Kota.


Pelatihan tersebut mengundang narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten PALI. 


"Pelatihan ini sesuai yang tertuang dalam Permendagri nomor 84 tahun 2018 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat. Dan Permendagri nomor 42 tahun 2017 tentang penyelenggaraan peningkatan kapasitas anggota satuan perlindungan masyarakat," ujar Rahmat SIP, Kasie Pemdes Dinas PMD Kabupaten PALI saat menyampaikan materinya. 


Dimana disebutkan bahwa Rahmat bahwa tugas Satlinmas antara lain membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.


"Juga membantu dalam penanggulangan bencana, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemillu. Dan membantu upaya pertahanan Negara," terang Rahmat. 


Selain dari Dinas PMD, Kasie Pelatihan dan Pembinaan Linmas Supandi, Spd, didampingi Subiono Ketua Provos /KPT Satpol.PP Kabupaten PALI juga memberikan bimbingannya.


"Kamibmeminta pada unsur Linmas agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan bertanggung jawab serta pro aktif dalam ambil bagian membantu masyarakat diberbagai kegiatan yang sifatnya urgen/darurat dengan humanis," kata Supandi. 


Sementara itu, Camat Penukal utara Maka Giansar, SH mengapresiasi atas giat Pemdes Tempirai Selatan untuk mendorong peningkatan kapasitas Satlinmas.


"Juga menyambut baik atas terjalinnya kerjasama Satpol PP, Dinas PMD, dan Pemerintahan Desa untuk mendorong efektivitas tugas Linmas melindungi masyarakat dan membantu tugas pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat," pesan Camat. (SN/Bungharto)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts