Polsek Penukal Abab 'Memburu' Sapi Hingga ke Ladang, Ternyata Ini yang Dilakukan


Caption foto. Anggota Polsek Penukal Abab 'memburu' sapi hingga ke ladang 


PALI. SININEWS.COM -- Polres Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Unit Intel bersama Bhabinkamtibmas Polsek Penukal Abab 'memburu' sapi ternak peliharaan masyarakat di lingkup wilayah hukum Polsek tersebut pada Kamis 28 Juli 2022.


Kegiatan Polsek Penukal Abab 'memburu' sapi peliharaan masyarakat tersebut rupanya hanya melakukan pendataan terkait adanya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 


Dari keterangan Kapolres PALI AKBP Efrannedy SIK bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk menekan sejak dini penyebaran virus PMK yang menyerang hewan ternak berkaki empat. 


"Kita data hewan ternak milik masyarakat terutama sapi. Pendataan ini dilakukan anggota hingga ke ladang," ungkap Kapolres PALI. 


Ditambahkan Kapolres PALI bahwa apabila ada ditemukan gejala sapi terkena virus PMK, maka pihaknya segera melaporkan ke Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten PALI untuk segera dilakukan upaya pengobatan. 


"Kalau ditemukan sebelum parah atau baru gejala, mudah-mudahan bisa cepat ditangani upaya penyembuhan. Oleh sebab itu, kita kerahkan anggota untuk melakukan pendataan," tukasnya. 


Diakuinya bahwa pada pendataan sapi di wilayah hukum Polsek Penukal Abab tidak ditemukan gejala hewan sakit ataupun terindikasi terserang virus PMK. 


"Ada 17 ekor sapi yang didata anggota Polsek Penukal Abab, dan semuanya sehat. Mudah-mudahan di PALI ini wabah PMK tidak menyebar," harap Kapolres PALI.


Kapolres PALI juga menghimbau masyarakat yang memiliki hewan ternak berkaki empat untuk memantau secara rutin kesehatan hewan ternaknya. 


"Apabila menemukan gejala PMK terhadap hewan ternaknya segera lapor ke anggota kita atau langsung ke dinas terkait agar cepat ditangani," himbaunya. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts