Ratusan Warga Talang Pipa 'Terjun' ke Sungai Abab, Camat Apresiasi


Caption foto. Warga Talang Pipa Gotong royong bersihkan Sungai Abab 


PALI. SININEWS.COM -- Ratusan warga Talang Pipa kelurahan Talang Ubi Barat kecamatan Talang Ubi kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) turun tangan membersihkan Sungai Abab yang membentang di wilayah tersebut, Minggu (31/7/22).


Wilayah Talang Pipa merupakan daerah langganan banjir kala penghujan yang berasal dari luapan Sungai Abab karena selain mengalami pendangkalan, sungai yang berada di tengah ibukota kabupaten PALI itu juga tertutup sampah. 


Untuk meminimalisir datangnya banjir, warga Talang Pipa melakukan gotong royong membersihkan sampah di aliran Sungai Abab yang diinisisasi warga setempat. 


Ratusan warga turun ke Sungai Abab, menyisir sungai dan mengumpulkan sampah kemudian diangkat dan dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPA).


"Mumpung air sungai sedang surut, kami bergotong royong membersihkan aliran sungai dari sampah," ujar Firman,  salah satu warga setempat. 


Ditambahkan Firman bahwa dengan kegiatan tersebut diharapkan meningkatkan kebersamaan warga dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan tidak membuang sampah ke sungai. 


"Penyebab banjir adalah selain dari alam, juga sampah yang menumpuk menutupi aliran sungai yang memang saat ini mengalami pendangkalan. Dengan adanya kegiatan ini, warga semakin sadar bahwa banjir bisa dihindari kalau kita jaga sungai bebas sampah," tukasnya. 


Sementara itu,  Andri warga lainnya menyatakan bahwa tumbuhnya kembali budaya gotong royong diharapkan terus terpelihara di wilayah Talang Pipa dan kabupaten PALI pada umumnya. 


"Tumbuhnya budaya gotong royong ini tergerak akibat daerah kami sering alami banjir. Oleh karena itu, saat Sungai Abab surut, warga pun menentukan hari ini untuk bersih-bersih dengan harapan meminimalisir banjir kala penghujan," ucapnya. 


Terpisah, Camat Talang Ubi, Hj Emilia menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan masyarakat Talang Pipa yang turun ke Sungai Abab membersihkan sampah. 


"Mudah-mudahan gotong royong masyarakat Talang Pipa bisa menular ke kelurahan lain atau desa-desa yang ada di kecamatan Talang Ubi atau di kabupaten PALI. Sebab dengan bergotong royong, pekerjaan berat akan jadi ringan," harap Camat. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts