Dinas Perikanan PALI Turunkan Ilmu Cara Budidaya Patin


Dinas Perikanan PALI beri bimbingan cara budidaya ikan patin yang baik terhadap warga Tempirai Raya 


PALI. SININEWS.COM -- Dinas Perikanan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui tim penyuluh perikanan turun ke 4 desa di Tempirai Raya dalam  Kecamatan Penukal Utara, Rabu (3/8/2022).


Kegiatan Dinas Perikanan kabupaten PALI itu tak lain dalam rangka menurunkan ilmu cara budidaya ikan patin kepada warga di 4 desa di Tempirai Raya yang menggeluti perikanan.


Kegiatan tersebut dipusatkan di Balai Desa Tempirai Timur dengan dihadiri jajaran Pemerintahan Desa, masyarakat dan  kelompok pembudidaya ikan patin se Tempirai Raya.


Dalam penjelasannya, narasumber yang berkompeten dibidangnya, antara lain Rupaidah memberikan bimbingan cara pemilihan benih ikan patin yang baik.


Muhamad Fajrin juga memaparkan bimbingan manajemen pakan budidaya ikan patin,  sementara Pika Aritama sampaikan materi cara perawatan budidaya ikan Patin.


Dalam arahan Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten PALI Khairulah, Sp diwakili koordinator Penyuluh Lapangan  Resti Amalia, Spi menyatakan bahwa sosialisasi dan pelatihan seperti ini merupakan upaya Pemda PALI untuk meningkatkan SDM dan  pemahaman pada masyarakat secara luas dan mendorong pelaku usaha pembudidaya ikan patin dan lainnya,


"Sehingga diharapkan ke depan pembudidaya ikan di Bumi Serepat Serasan dapat mandiri dan maju serta mampu memenuhi kebutuhan produksi ikan di Kabupaten PALI," harapnya. 


Dilanjutkan setelah pelaksanaan Sosialisasi, tim penyuluh Dinas Perikanan bersama masyarakat mengunjungi langsung lokasi pembudidaya ikan patin di pesisir Danau Padang Tempirai yang dikelola Kelompok Danau Jaya dan Kelompok Damai Timur Desa Tempirai Timur, 

Dalam sesi kegiatan ini, Tim Dinas Penyuluh melakukan tes Ph air keramba ikan dan meng indentifikasi masalah yang sering dikeluhkan kematian ikan oleh pembudidaya.


Sekaligus tesmoni pemahaman materi sosialisasi untuk menerapkan secara nyata oleh penggiat pembudidaya ikan.


(SN/bungharto)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts