Bawaslu PALI Komitmen Penjaringan Calon Panwaslucam Secara Transparan

Caption. Ketua Pokja penerimaan calon Panwaslucam, Basrul SAP didampingi Kasek Bawaslu PALI tinjau lokasi tempat tes tertulis 


PALI. SININEWS.COM -- Bawaslu kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) meyakinkan kepada seluruh pelamar yang telah menyerahkan berkas pendaftaran calon Panwaslucam yang berakhir kemarin, 27 september 2022 bahwa proses penjaringan akan dilakukan secara profesional dan transparan.


Sebab, setelah tahapan pendaftaran, Bawaslu PALI akan melakukan verifikasi berkas. 


Selanjutnya, bagi yang berkas lengkap dan memenuhi syarat, Bawaslu akan mengumumkan nama-nama calon Panwaslucam untuk ikuti tahapan selanjutnya, yaitu tes tertulis berbasis komputer atau sistem Computer Assisted Test (CAT). 


Transparansi tahapan penjaringan calon Panwaslucam dikemukakan ketua Bawaslu PALI H Heru Muharam didampingi anggota Bawaslu Iwan Dedi disampaikan Basrul SAP sekaligus ketua Pokja penerimaan calon Panwaslucam, Rabu 28 september 2022.


"Tes tertulis sistem CAT ini rencananya akan digelar pada tanggal 14-16 oktober 2022 di SMAN 1 Talang Ubi," ujar Basrul. 


Dijabarkan Basrul bahwa tes tertulis melalui sistem CAT yang mana semua calon pelamar mempunyai kesempatan yang sama.


"Dimana CAT ini nanti akan dilakasanakan dengan pendampingan dan pengawasan tim dari Bawaslu provinsi, yang hasil nilainya berada peringkat 1 sampai 6 berhak mengikuti tahapan wawancara," beber Basrul. 


Basrul juga meyakinkan kepada calon Panwaslucam yang telah memasukkan berkas lamarannya bahwa penjaringan ini dilaksanakan secara profesional. 


"Percaya diri dan ikuti semua tahapan kalau mau lolos. yakinlah kepada calon pelamar dan masyarakat pada umumnya proses perekrutan dengan mengunakan metode CAT dan sistem gugur pada tahapan tersebut merupakan upaya bawaslu mewujudkan proses yang transparan dan akuntabel," jelasnya lagi. 


Sehingga calon pelamar yang berada di  6 besar ditegaskan Basrul adalah berdasarkan kemampuan secara akademik bukan titipan dari pihak manapun.


"Pastinya yang lolos adalah yang mempunyai kemampuan bukan titipan," tandasnya. 


Sebelumnya diketahui bahwa hingga batas akhir pendaftaran calon Panwaslucam berakhir, ada 126 pelamar yang telah menyerhkan berkas pendaftaran. 


Tahapan selanjutnya adalah verifikasi berkas, yang lolos akan diumumkan untuk ikuti tes tertulis sistem CAT. 


Pada tes tertulis, diambil 6 besar pada masing-masing kecamatan untuk ikuti tes wawancara, kemudian uji publik. 


Pada akhirnya, akan diambil 3 orang yang akan menjadi anggota Panwaslucam untuk bertugas pada Pemilu 2024 mendatang sesuai Tupoksi sebagai Panwaslucam. (sn/perry)

Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts